LingKA Unimal Hadiri Seminar Nasional dan Sarasehan yang Digelar di USU

LingKA Unimal Hadiri Seminar Nasional dan Sarasehan yang Digelar di USU

UNIMALNEWS | Medan - Lingkaran Kerabat Antropologi (LingKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menghadiri seminar nasional dan sarasehan ke-15 yang diselenggarakan di Aula FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Kamis, (06/10/2022). 

Kegiatan ini diinisiasi oleh Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI) dengan mengungsung tema “kopi dan kebudayaan”. Dari  Antropologi Unimal yang hadir adalah Ketua LingKA, Arie Kausar, dan wakilnya Dinda Rosaleha, serta adik-adik angkatan 20 dan 21 Indah Shafira dan Huzaifah. Kegiatan kali ini berlangsung selama 4 hari dari 6-9 Oktober 2022.

Arie Kausar mengatakan, seminar ini juga dihadiri oleh 19 delegasi mahasiswa antropologi universitas se-Indonesia (ujung timur sampai ujung barat). JKAI merupakan wadah bagi mahasiswa Antropologi lintas Indonesia yang bernaung dan mengembangkan keilmuan Antropologi serta menjalin jaringan kekerabatan dengan selalu bersilaturahmi. 

“Agenda seminar nasional dan sarasehan biasanya diadakan setiap 2 tahun sekali,” katanya.

foto-berita

Kegiatan pertama merupakan seminar nasional dan festival kopi dan kebudayaan dengan 3 narasumber, yakni Prof. Dr. R. Hamdani Harahap (Guru Besar Antropologi Universitas Sumatera Utara), Prof Dr Pawennari Hijjang MA (Guru Besar Antropologi Universitas Hasanuddin), dan Dr Funco Tanipu MA. Dalam penyampaian ketiga narasumber membahas terkait kopi dan kebudayaan dimana jika berbicara kopi berarti kita berbicara kebudayaan. Kopi bukanlah sesuatu hal yang tabu lagi pada saat ini, jika pada zaman dahulu hanya orang tua yang mengkonsumsi kopi, namun pada saat ini kalangan muda juga sudah eksis dalam mengkonsumsi kopi, ada kopi ada cerita. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kaprodi Antropologi Sosial USU, Dekan FISIP USU, Rektor USU, dan Gubernur Sumatera Utara yang turut memberi kata sambutan. 

Setelah kegiatan seminar nasional selesai, hari kedua seluruh delegasi berangkat dari lokasi penginapan LPMP Sumut ke mes pora-pora, parapat. Kegiatan sabtu pagi dilanjut dengan kongres yang berlangsung hingga tengah malam hingga terpilihnya sekjen baru Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI), Rosa Pratiwi, Mahasiswi Universitas Sumatera Utara Periode 2022-2023.

Hari terakhir Minggu, 09 Oktober 2022, kegiatan ditutup dengan field trip, seluruh delegasi berangkat ke Wisata seputaran Danau Toba (Batu Gantung, Patung Sigale-Gale, Tomok). [tmi]]

Program Studi Antropologi

Kampus Bukit Indah (BI),
Jalan Sumatra, Muara Satu-Lhokseumawe

Telp : +6213 9771 5550
Fax : 0645-44450

Antropologi@unimal.ac.id

Statistik Pengunjung

Indonesia 87.3% Indonesia
United States 7.1% United States
China 2.4% China

Total:

14

Countries
000679
Today: 5
This Week: 19
This Month: 14

Civitas Akademika

Link Literasi