UNIMALNEWS | Aceh Tengah - Identitas dan Komoditas kopi Gayo menjadi elemen penting sebagai keberlanjutan dari kopi gayo. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh bekerja sama dengan Universitas Gajah Putih Aceh Tengah menggelar Focu

UNIMALNEWS | Aceh Tengah - Identitas dan Komoditas kopi Gayo menjadi elemen penting sebagai keberlanjutan dari kopi gayo. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh bekerja sama dengan Universitas Gajah Putih Aceh Tengah menggelar Focu

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menggelar workshop menulis artikel ilmiah populer (opini/esai) bagi mahasiswa, Senin (3/10/2022) yang dilaksanakan di Aula FISIP kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

 Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Subhani, MSi. “Prodi Antropologi adalah salah satu yang paling aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah yang keluarannya berupa tulisan jurnal ilmiah maupun tulisan ilmiah populer. Tidak mengherankan kemudian jika Antropologi menjadi satu-satunya Prodi di bawah naungan FISIP pada jenjang sarjana yang sudah memiliki jurnal terakreditasi. Hal ini menjadi bukti kualitas dan komitmen pengelola serta dosen-dosen Antropologi di bidang penulisan,” ungkap Subhani.

Subhani juga berharap dengan adanya kegiatan workshop ini bisa membuat mahasiswa semakin terpacu mengasah skill di bidang penulisan.

“Manfaatkan kesempatan belajar seperti workshop penulisan ini dengan maksimal. Kami dari pimpinan fakultas berharap mahasiswa Antropologi berani tampil mengikuti kompetisi menulis di level nasional atau bahkan internasional supaya mendongkrak IKU dan akreditasi prodi.  Fakultas berkomitmen mendukung segala bentuk kegiatan mahasiswa yang bernilai positif. Apalagi berkaitan dengan karya ilmiah,” tambahnya.  

Kegiatan workshop ini juga merupakan program aktualisasi nilai-nilai dasar ASN Ber-AKHLAK yang sedang dilaksanakan oleh salah seorang dosen program studi Antropologi Muh. Fahrudin Alawi MA. Fahrudin yang menjadi fasilitator dalam kegiatan ini berharap ke depan mahasiswa memiliki minat menekuni bidang menulis populer.

“Saya ingin berbagi pengalaman dengan mahasiswa untuk belajar dasar-dasar menulis opini dan esai. Selama ini menulis dianggap sulit. Padahal, hanya butuh kemauan dan ketekunan untuk terus berlatih jika sudah punya pengetahuan dasarnya,” ujar Fahrudin.       

Sementara itu, Ketua Prodi Antropologi, Ade Ikhsan Kamil MA menjelaskan, kegiatan workshop ini merupakan program aktualisasi nilai-nilai dasar CPNS ber-AKHLAK yang sedang dilaksanakan oleh Fahrudin sebagai dosen baru Program Studi Antropologi. 

“Kegiatan workshop ini juga menjadi salah satu bentuk upaya peningkatan kompetensi dan skill profil lulusan Antropologi Unimal. Oleh karena itu, program studi mendukung penuh kegiatan workshop penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Antropologi memiliki tiga profil utama lulusan, yakni pamong budaya, fasilitator, dan peneliti muda,” pungkas Ade dalam sambutannya. [tmi]

Program Studi Antropologi

Kampus Bukit Indah (BI),
Jalan Sumatra, Muara Satu-Lhokseumawe

Telp : +6213 9771 5550
Fax : 0645-44450

Antropologi@unimal.ac.id

Statistik Pengunjung

Indonesia 87.4% Indonesia
United States 7.0% United States
China 2.3% China

Total:

14

Countries
000684
Today: 2
This Week: 24
This Month: 19

Civitas Akademika

Link Literasi