Berita

Garap Potensi Wisata di Aceh Utara, Antropologi Unimal Gelar FGD

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Sebagai upaya meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Aceh Utara, Prodi Antropologi Universitas Malikussaleh menggelar Focus Group Discusion (FGD) bersama dengan keuchik (kepala desa), pengelola wisata dan stakeholder lainnya, Sabtu (21/11/2020).

FGD ini bertemakan “ Perencanaan Dan Pengembangan Interkoneksi Tempat Wisata Serta Simulasi Potensi Dampaknya Secara Multi Aspek (Multiplier Effect) di Kecamatan Kuta Makmur Aceh Utara”. Kegiatan tersebut dibuka oleh   Ketua Prodi Antropologi Unimal, Abdullah Akhyar Nasution MSi dan dihadiri oleh dosen Prodi Antropologi yaitu Dr Ibrahim Chalid, Iromi Ilham MA, Ade Ikhsan Kamil MA. serta dari tokoh masyarakat antara lain, Muhibuddin (keuchik Lhok Jok) dan  T Anwar Keuchik (Saweuk).

Read more ...

Webinar Antropologi Unimal Bahas Pandemi Covid-19 dan Disrupsi Sosial

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Antropologi Universitas Malikussaleh menggelar seminar daring (webinar) pada Selasa (23/6/2020). Webinar yang mengangkat tema Pandemi Covid-19 dan Disrupsi Sosial “New Normal dan Revitalisasi Budaya di Indonesia” akan menghadirkan dua pembicara nasional dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Semarang.

Webinar ini akan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unimal, Dr M Nazaruddin dan akan dimoderatori oleh Dr Ibrahim Chalid. Adapun webinar dilaksanakan menggunakan fasilitas zoom.

Read more ...

Dosen Antropologi Unimal Menjadi Pembedah Buku di AJI Banda Aceh

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Dosen Antropologi FISIP Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya, dan Kepala Divisi Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh, Juli Amin menjadi pembicara dalam kegiatan bedah buku Ross Tapsell, Kuasa Media di Indonesia di Kantor AJI Banda Aceh, Rabu (4/3)

Kegiatan bedah buku dosen Australian National University (ANU) ini mendapat perhatian dari para jurnalis, pengamat media, dan mahasiswa di sekitar Banda Aceh. Pada presentasinya, Kemal menyampaikan tentang peran oligarki media seperti yang disinggung oleh Ross yang kemudian ikut dalam mempengaruhi kekuasaan.

Read more ...

Dosen Antropologi Unimal Menjadi Saksi Ahli Kasus UU ITE

UNIMALNEWS | Banda Aceh -  Kasus pencemaran nama baik yang melibatkan dosen Universitas Syiahkuala, SM, yang telah menarik perhatian publik nasional kembali disidangkan pada di Pengadilan Negeri Banda Aceh pada Selasa (11/2). 

Pada sidang ketujuh yang dilaksanakan tersebut dihadirkan tiga orang saksi ahli oleh penasehat hukum, LBH Banda Aceh, salah satunya, Teuku Kemal Fasya MHum dosen Antropologi FISIP Universitas Malikussaleh. Kemal diminta kesaksiannya pada aspek antropolinguistik untuk menganalisis teks whatsapp group yang dijadikan masalah hukum. Dua saksi lainnya ialah Dr Saleh Syafei, dosen Hukum Unsyiah yang memberikan kesaksian kepakaran pada aspek etika dan kebebasan akademik dan seorang lagi Dr Herlambang P Wiratraman, dosen Hukum Tata Negara Universitas Airlangga, Surabaya.

Read more ...

Ketua Prodi Antropologi

Al Chaidar

Dr. Abdullah Akhyar Nasution S.Sos., M.Si