Webinar Kuliah Umum Antropologi Unimal Angkat Tema Kajian Antropologi Dalam Pengelolaan Hutan

Webinar Kuliah Umum Antropologi Unimal Angkat Tema Kajian Antropologi Dalam Pengelolaan Hutan

UNIMALNEWS| Lhokseumawe – Program Studi  Antropologi Jurusan Antropologi dan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh sukses menggelar webinar Kuliah umum  dengan tema “Kajian Antropologi Dalam Pengelolaan Hutan”. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Presiden Direktur PT. Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI), Mangarah Silalahi, M.Sc., MT. Webinar yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin, (21/03/2022).

Ketua Program Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Dr. Abdullah Akhyar Nasution dalam sambutannya menyampaikan kegiatan kuliah umum ini bagian dari upaya untuk mengenalkan pada stake holder, bahwa hutan dilihat sebagai sebuah ekosistem tidak hanya menjadi habitat flora dan fauna, namun juga menjadi sumber penghidupan bagi manusia yang tinggal di sekitarnya.

“Pengelolaan kehutanan yang hanya menggunakan pendekatan lingkungan tentu mengabaikan fakta keberadaan manusia yang tinggal dan menjadi pemangku kepentingan. Hal inilah setidaknya yang melatarbelakangi lahir kebijakan hutan sosial kemasyarakatan. Sebagai ilmu yang menempatkan manusia dan kemampuannya beradaptasi pada lingkungan. Maka saya melihat antropologi memiliki peran penting dalam pengelolaan kehutanan” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, Dr. M. Nazaruddin dalam arahannya sekaligus yang membuka kegiatan ini mengatakan, webinar kuliah umum ini cukup menarik dan penting dilakukan khususnya di Aceh untuk mencegah kerusakan flora dan founa dengan menghadirkan persfektif antropologi dalam pengelolaan hutan.  

“Wilayah Aceh memiliki sumber daya hutan yang luas, sementara sumber daya manusia dalam pengelolaan hutan sangat minim, pada titik inilah Antropolog dan Ilmuan sosial mengambil peran untuk mengadvokasi refitalisasi pengelolaan hutan serta untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk mencegah kerusakan flora dan founa” tutupnya.

Acara yang dimoderatori oleh Iromi Ilham, MA yang juga dosen Antropologi Unimal, berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. yang dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa dari lintas kampus di wilayah Aceh dan Sumatera Utara. [rizki] 

Program Studi Antropologi

Kampus Bukit Indah (BI),
Jalan Sumatra, Muara Satu-Lhokseumawe

Telp : +6213 9771 5550
Fax : 0645-44450

Antropologi@unimal.ac.id

Statistik Pengunjung

Indonesia 87.2% Indonesia
United States 7.3% United States
China 2.3% China

Total:

14

Countries
000689
Today: 1
This Week: 5
This Month: 24

Civitas Akademika

Link Literasi