• 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Selamat Datang Di Prodi Antropologi

Program Studi Antropologi bertujuan mendidik sarjana yang memahami konsep kebudayaan dan keragaman sosial budaya Indonesia, mampu menjelaskan dan menganalisis fenomena perubahan sosial budaya dan dinamika masyarakat. mampu dan terampil dalam menerapkan metode penelitian Antropologi serta memiliki kemampuan praktis sebagai peneliti, konsultan, pengembangan masyarakat.

Mengapa Kuliah Jurusan Antropologi UNIMAL?

Sang maestro antropolog Indonesia mendefinisikan antropologi sebagai ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkannya.
Jurusan Antropologi UNIMAL memiliki beberapa keunggulan ...

 

Prospek Kerja

Sarjana Antropologi dapat bekerja di Depdiknas, Depdagri, Deptrans, dan Depsos. Di sektor swasta, sarjana Antropologi juga dapat bekerja sebagai wartawan (cetak dan televisi), peneliti di berbagai lembaga, NGO/LSM, staf Community Development di berbagai perusahaan.

Akreditasi dan Tenaga Kerja

Jurusan Antropologi Unimal sudah terakreditasi oleh BAN-PT sejak tahun 2008 dan peringkat (nilai) akreditasi terakhir adalah B (SK BAN PT 1549/SK /BAN-PT/Akred/S/V/2017 , Berlaku sampai 2022-05-23). Dosen bekerja secara profesional dan berkualifikasi S2 dan S3.

Atmosfir Akademik

Sistem pembelajaran di Program Studi Antropologi Unimal memfasilitasi mahasiswa untuk aktif, kreatif, dan inovatif dalam mendalami ilmu. Diperkuat oleh praktikum studi lapangan untuk memperkenalkan secara langsung mahasiswa pada kehidupan masyarakat

 

UNIMALNEWS | Kuala Simpang – Dosen Antropologi Fisip Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Teuku Kemal Fasya, memberikan ceramah tentang “Pengawas yang Berintegritas dan Harapan Masayarakat pada Pemilu Bersih” di Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Sabtu (2/3/2019). Acara itu dilaksanakan oleh Panwaslih Aceh Tamiang.

Kemal yang juga ketua UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Unimal memberikan ulasan tentang beberapa hal yang bisa menjadi permasalahan pada pemilu ke depan, salah satunya adalah masalah integritas pengawas pemilu.

Antropologi Dosen Antropologi Unimal Bahas Integritas Penyelenggara PemiluMeskipun tagline Bawaslu menyebut “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”, masih ada saja komisioner pemilu yang terjerat masalah integritas, seperti yang menimpa salah seorang komisioner Panwaslih Provinsi Aceh dan ketua komisioner Panwaslih Nagan Raya berdasarkan putusan DKPP No. 249/DKPP-PKE-VII/2018 pada 28 Februari 2019.

“Hal seperti itu jangan sampai membangun demoralisasi di tingkat pengawas lainnya,” kata Kemal. Menurutnya, pengawas pemilu yang memiliki ruang kekuasaan yang jauh lebih besar bahkan dibandingkan KPK ini harus mampu memberikan upaya menghindari pelanggaran pemilu semakin banyak.

“Panwaslih Aceh dan kabupaten/kota harus berani, sepanjang hal tersebut telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Tertib hukum tetap harus dikedepankan,” sambung Kemal dalam workshop yang dihadiri seluruh komisioner Panwascam se-Aceh Tamiang itu.

Komisioner Panwaslih Aceh Tamiang bidang Sumber Daya Manusia dan Organsasi, Imran SE, workshop sengaja memilih orang yang berkompeten dalam membicarakan tentang masalah pengawasan pemilu.

“Apalagi beliau telah menjadi tim seleksi untuk tiga kali seleksi Panwaslih di Aceh, baik di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota,” tutup Imran saat diwawancarai oleh unimalnews tentang para pembicara.[tam]

Ketua Prodi Antropologi

Al Chaidar

Al Chaidar,S.Ip,.M.Si

Link Internal

akademik

akademik  pustaka  repository

Link Kerjasama

   Logo PemerintahAceh  Logo Undip  Logo Unsyiah

Logo usu  Logo UKM

Logo Perpusnas 2016

Mari Bergabung Bersama Kami

Program Studi Antropologi Universitas Malikussaleh

Together We Learn, Together We Build, Together We Can Make a Difference

Anthropology-Quote

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4